PEMANTAPAN APLIKASI SIGUM YANG TELAH DI SOSIALISASIKAN OLEH PEMKO BINJAI TAHUN AJARAN 2020/2021

Foto bareng narasumber, Rabu 22 Juli 2020.

SMP Negeri 12 Binjai Berkarya, Selasa 21 Juli 2020.

 

Dalam mengatasi kendala pembelajaran daring di masa pandemi Covid – 19 ini, pemerintah kota Binjai khususnya Dinas Pendidikan Kota Binjai mempersiapkan aplikasi SIGUM untuk guru-guru dari tingkat SD, SMP dan SMA sederajad. Sistem Informasi Guru Mengajar (SIGUM) ini adalah aplikasi yang dapat digunakan oleh guru maupun siswa dalam peningkatan pembelajaran daring agar lebih efektif dan efesien.

Aplikasi SIGUM di bangun oleh operator Binjai Smart City diperkenalkan kepada kepala SMP Negeri 12 Binjai dan SMP Negeri lainya beserta guru-guru SMP yang ada di Kota Binjai, dari tanggal 21 Juli 2020 sampai 23 Juli 2020 dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB bertempat di Aula Pemko Binjai.

Hadir pada acara tersebut Kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Binjai Sri Ulina Ginting, dan melalui Webinar penyampai materi dari KEMDIKBUD yaitu Ir.Hendarman, M.Sc., Ph.D. dan narasumber laiya.

Kadis Pendidikan Kota Binjai, Sri Ulina Ginting mengatakan bahwasaya aplikasi SIGUM ini dilatarbelakangi karena kurang maksimalnya proses belajar mengajar.

selama pandemi Covid-19, oleh sebab itu, Walikota Binjai H.M.Idaham ingin agar siswa benar-benar belajar dan guru benar-benar mengajar.

Menurut Ibu Sri Ulina Ginting bahwasanya : “Aplikasi ini adalah ide dari pak wali, agar dibuat aplikasi pengajaran daring untuk memantapkan kegiatan belajar mengajar selama Pandemi Covid 19 ini mewabah.”

Sri Ulina Ginting juga menyampaikan bahwa aplikasi SIGUM dapat digunakan mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA yang ada di Kota Binjai. Pemko Binjai menyediakannya secara gratis aplikasi tersebut. Sebagai tahap awal sudah diuji cobakan di SMP Negeri 2, SMP Negeri 9 dan SMP Negeri 12 Binjai.

Kepala Sekolah SMP Negeri 12 Binjai mengapresiasi pemantapan aplikasi SIGUM bagi guru-guru dan siswa untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran daring, agar kurikulum tetap dijalankan walaupun pandemi Covid-19 masih melanda.

Semoga aplikasi SIGUM ini dapat berguna bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran daring untuk menyampaikan materi kepada siswa. Siswa diharapkan juga mampu meningkatkan kreatifitas dan semangat belajar di era 4.0 (Four Point Zero). Guru dan siswa siap menghadapi tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembag di era digital saat ini.

Postingan Terkait

Leave a Comment